Pendidikan Bahasa Indonesia: Pengertian Tulisan Eksposisi

(THSumantri.Blogspot.Com) Eksposisi menurut Finoza (2009: 246) berasal dari bahasa Inggris “ekposition” sebenarnya berasal dari bahasa latin yang berarti membuka atau memulai. Memang karangan eksposisi merupakan wacana yang bertujuan untuk memberitahu, mengupas, menguraikan, atau menerangkan sesuatu. Dalam karangan eksposisi, masalah yang dikomunikasikan terutama adalah pemberitahuan atau informasi. Hasil karangan eksposisi yang berupa informasi dapat kita baca sehari-hari di dalam media masa. Melalui media masa berita di-ekspose  atau dipaparkan dengan tujuan memperluas pandangan dan pengetahuan pembaca. Pembaca tidak dipaksa untuk menerima pendapat penulis, tetapi setiap pembaca sekedar diberi tahu bahwa ada orang yang berpendapat demikian. Mengingat karangannya bersifat memaparkan sesuatu, eksposisi disebut juga karangan paparan.

Menurut Keraf (1981: 3) eksposisi merupakan bentuk retorika yang sering dipergunakan dalam menyampaikan uraian-uraian ilmiah lainnya yang tidak berusaha mempengaruhi pendapat orang lain. Makalah-makalah ilmiah populer dalam hari-harian, mingguan, dan majalah-majalah bulanan biasanya disajikan dalam bentuk eksposisi. 

Dari penjelasan di atas penulis menyimpulkan pengertian eksposisi yaitu bentuk penyampaian perasaan dan buah pikiran berupa paparan yang dituangkan dalam bentuk tulisan yang di dalamnya selalu mengulas, membahas, memberi penjelasan, petunjuk-petunjuk, menerangkan, menguraikan tentang suatu masalah proses atau objek yang bersifat memberikan informasi, memperluas pandangan atau pengetahuan seseorang atau pembaca sehingga objek tersebut tergambar secara gamblang dan jelas, tanpa mempengaruhi emosi dan keputusan membaca.


Daftar Pustaka:
[1] Finoza, Lamuddin. 2009. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia.
[2] Keraf, Gorys. 1981. Eksposisi dan Deskripsi. Jakarta: Gramedia.



Share on: Facebook Twitter Google+

0 Response to "Pendidikan Bahasa Indonesia: Pengertian Tulisan Eksposisi"

Post a Comment

Back To Top