Pendidikan Bahasa Indonesia: Syarat Menulis Eksposisi

(THSumantri.Blogspot.Com) Pada hakekatnya eksposisi berusaha untuk memperluas pandangan dan pengetahuan seseorang mengenai obyek yang digarapnya. Oleh sebab itu, dalam usaha untuk mencapai tujuan tersebut, seorang pengarang yang ingin menulis sebuah eksposisi harus memenuhi syarat-syarat di bawah ini, (Keraf,  1981: 6).

Pertama-tama penulis harus mengetahui serba sedikit subyeknya. Dengan mengetahui serba sedikit subyek yang akan digarapnya, ia dapat memperluas pengetahuannya mengenai hal itu, entah melalui penelitian lapangan, wawancara, atau melalui penelitian kepustakaan. Dari hasil penelitiannya itu ia mengumpulkan bahan sebanyak-banyaknya, dievaluasi, untuk kemudian ditampilkan dalam tullisannya itu.

Syarat lain untuk menulis sebuah eksposisi dengan baik adalah kemampuan untuk menganalisis persoalan tersebut secara jelas dan konkrit. Bahan yang dikumpulkan hanya merupakan bahan mati, bahan ramuan yang tak berguna bagi tangan-tangan yang tidak ahli. Bahan yang dikumpulkan dengan berbagai cara di atas harus diolah, diseleksi, dievaluasi, dan dianalisis untuk dituangkan dalam sebuah karangan yang berbentuk final. Semakin baik evaluasi dan analisis yang diadakan, semakin baik nilai eksposisi yang ditulisnya.

Daftar Pustaka:
[1] Keraf, Gorys. 1981. Eksposisi dan Deskripsi. Jakarta: Gramedia.



Share on: Facebook Twitter Google+

0 Response to "Pendidikan Bahasa Indonesia: Syarat Menulis Eksposisi"

Post a Comment

Back To Top