Kemampuan Siswa: Indikator Hasil Belajar

(THSumantri.Blogspot.Com) Pada prinsipnya, pengungkapan hasil belajar ideal meliputi segenap ranah psikologis yang berubah sebagai akibat pengalaman dan proses belajar siswa. Kunci pokok untuk memperoleh ukuran dan data hasil belajar siswa adalah mengetahui garis besar indicator dikaitkan dengan jenis prestasi yang hendak diungkapkan atau diukur. Indikator hasil belajar menurut Benjamin S.Bloom dengan Taxonomy of Education Objectives membagi tujuan pendidikan menjadi tiga ranah, yaitu ranah kognitif, afektif, psikomotorik.[1] Pengembangan dari masing-masing ranah dapat kita lihat di bawah ini.[2]

1. Ranah Kognitif

a. Pengetahuan (Knowledge)
Indikator: Mengidentifikasi, mendefinisikan, mendaftar, mencocokkan, menetapkan, menyebutkan, melabel, menggambarkan, memilih.

b. Pemahaman (Comprehension)
Indikator: Menerjemahkan, merubah, menyamarkan, menguraikan dengan kata-kata sendiri, menulis kembali, merangkum, membedakan, menduga, mengambil kesimpulan, menjelaskan.

c. Penerapan (Application) 
Indikator: Menggunakan, mengoperasikan, menciptakan/membuat perubahan, menyelesaikan, memperhitungkan, menyiapkan, menentukan.

d. Analisis (Analysis) 
Indikator: Membedakan, memilih, membedakan, memisahkan, membagi, mengidentifikasi, merinci, menganalisis, membandingkan.

e. Menciptakan, membangun (Synthesis)
Indikator: Membuat pola, merencanakan, menyusun, mengubah, mengatur, menyimpulkan, menyusun, membangun, merencanakan.

f. Evaluasi (Evaluation)
Indikator: Menilai, membandingkan, membenarkan, mengkritik, menjelaskan, menafsirkan, mersngkum, mengevaluasi.

2. Ranah Afektif

a. Penerimaan (Receiving)
Indikator: Mengikuti, memilih, mempercayai, memutuskan, bertanya, memegang, memberi, menemukan, mengikuti.

b. Menjawab/menanggapi (Responding)
Indikator: Membaca, mencocokkan, membantu, menjawab, mempraktekkan, memberi, melaporkan, menyambut, menceritakan, melakukan, membantu.

c. Penilaian (Valuing)
Indikator: Memprakarsai, meminta, mengundang, membagikan, bergabung, mengikuti, mengemukakan, membaca, belajar, bekerja, menerima, melakukan, mendebat.

d. Organisasi (Organization)
Indikator: Mempertahankan, mengubah, menggabungkan, mempersatukan, mendengarkan, mempengaruhi, mengikuti, memodifikasi, menghubungkan, menyatukan.

e. Menentukan ciri-ciri nilai (Characterizat ion by a value or value complex)
Indikator: Mengikuti, menghubungkan, memutuskan, menyajikan, menggunakan, menguji, menanyai, menegaskan, mengemukakan, memecahkan, mempengaruhi, menunjukkan.

3. Ranah Psikomotor

a. Gerakan Pokok (Fundamental Movement)
Indikator: Membawa, mendengar, memberi reaksi, memindahkan, mengerti, berjalan, memanjat, melompat, memegang, berdiri, berlari.

b. Gerakan Umum (Generic Movement)
Indikator: Melatih, membangun, membongkar, merubah, melompat, merapikan, memainkan, mengikuti, menggunakan, menggerakkan.

c. Gerakan Ordinat (Ordinative Movement)
Indikator: Bermain, menghubungkan, mengaitkan, menerima, menguraikan, mempertimbangkan, membungkus, menggerakkan, berenang, memperbaiki, menulis.

d. Gerakan Kreatif (Creative Movement)
Indikator: Menciptakan, menemukan, membangun, menggunakan, memainkan, menunjukkan, melakukan, membuat, menyusun.

Daftar Pustaka:
[1] Burhan Nurgiantoro. 1988. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah. Yogyakarta: BPFE
[2] Kenneth D. Moore. 2005. Effective Instructional Strategies From Theory to Practice. London: Sage Publications. Inc



Share on: Facebook Twitter Google+

0 Response to "Kemampuan Siswa: Indikator Hasil Belajar"

Post a Comment

Back To Top