Kemampuan Siswa: Indikator Berpikir Kritis

(THSumantri.Blogspot.Com) Indikator-indikator kemampuan berpikir kritis menurut R.H Ennis yang dikutip Rifa Rakhmasari (2010: 29-32) terdiri atas dua belas komponen yaitu:

1) Merumuskan masalah;
2) Menganalisi argumen;
3) Menanyakan dan menjawab pertanyaan;
4) Menilai kredibilitas sumber informasi;
5) Melakukan observasi dan menilai laporan hasil observasi;
6) Membuat deduksi dan menilai deduksi;
7) Membuat induksi dan menilai induksi;
8) Mengevaluasi;
9) Mendefinisikan dan menilai definisi;
10) Mengidentifikasi asumsi;
11) Memutuskan dan melaksanakan; dan
12) Berinteraksi dengan orang lain.

Indikator berpikir kritis menurut Edward Glaser (1941) yang dikutip Alec Fisher (2009:7) diterjemahkan oleh Benyamin Hadinata (2008), diantaranya yaitu: 

1) Mengenal masalah;
2) Mencari cara-cara yang dapat dipakai untuk menangani masalah-msalah itu;
3) Mengumpulkan data dan menyusun informasi yang diperlukan;
4) Mengenal asumsi-asumsi dan nilai-nilai yang tidak dinyatakan;
5) Memahami dan menggunakan bahasa secara tepat, jelas dan khas;
6) Menganalisis data;
7) Menilai fakta dan mengevaluasi pernyataan-pernyataan;
8) Mengenal adanya hubungan yang logis antar masalah-masalah;
9) Menarik kesimpulan-kesimpulan dan kesamaan-kesamaan yang diperlukan;
10) Menguji kesamaan-kesamaan dan kesimpulan-kesimpulan yang seseorang ambil;
11) Memnyusun kembali pola-pola kenyakinan seseorang berdasarkan pengalaman yang lebih luas; dan
12) Membuat penilaian yang tepat tentang hal-hal yang kualitas-kualitas tertentu dalam kehidupan sehari-hari.

Daftar Pustaka
[1] Alec Fisher. 2009. Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Terj. Benyamin Hadinata. Jakarta: Erlangga
[2] Rifa Rakhmasari. 2010. Pengaruh Handson Activity Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Kontektual Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika UPI Bandung : Tidak Diterbitkan



Share on: Facebook Twitter Google+

0 Response to "Kemampuan Siswa: Indikator Berpikir Kritis"

Post a Comment

Back To Top