Pendekatan Pembelajaran: Prinsip Dasar Pendekatan Konstruktivisme

(THSumantri.Blogspot.Com) Prinsip dasar pendekatan konstruktivisme menurut Masnur Muslich (2011: 44) yaitu:

1) Proses pembelajaran lebih utama dari pada hasil pembelajaran;
2) Informasi bermakna dan relevan dengan kehidupan nyata siswa lebih penting dari pada informasi verbalistis;
3) Siswa mendapatkan kesempatan seluas-luasnya untuk menemukan dan menerapkan idenya sendiri;
4) Siswa diberikan kebebasan untuk menerapkan strateginnya sendiri dalam belajar;
5) Pengetahuan siswa tumbuh dan berkembang melalui pengalaman sendiri;
6) Pemahaman siswa akan berkembang semakin dalam dan semakin laut apabila diuji dengan pengalaman baru; dan
7) Pengalaman siswa bisa dibangun secara asimilasi (yaitu pengatahuan yang baru dibangun dari struktur pengeatahuan yang sudah ada) maupun akomodasi (yaitu struktur pengetahuan yang sudah ada dimodifikasi untuk menampung/ menyesuaikan hadirnya pengalaman baru).

Daftar Pustaka
[1] Masnur Muslich. 2011. Pembelajaran Berbasis Kompetensi & Kontektual. Jakarta: PT Bumi Aksara




Share on: Facebook Twitter Google+

0 Response to "Pendekatan Pembelajaran: Prinsip Dasar Pendekatan Konstruktivisme"

Post a Comment

Back To Top