Pendidikan Bahasa Indonesia: Ciri-ciri Tulisan Eksposisi

(THSumantri.Blogspot.Com) Eksposisi adalah karangan yang berusaha menjelaskan, menerangkan, memberi petunjuk secara gamblang dan jelas terhadap suatu gagasan sehingga menjadi luas dan gampang dimengerti. (Keraf, 1981: 4) berpendapat bahwa ciri-ciri eksposisi dibedakan menjadi empat aspek yaitu aspek tujuan, gaya bahasa, fakta yang dikemukakan, dan kesimpulan. Untuk lebih jelasnya,  penulis merici sebagai berikut.

1. Tujuan Eksposisi

Ciri-ciri eksposisi terletak pada tujuan tulisan. Tujuan eksposisi hanya berusaha untuk menjelaskan atau menerangkan suatu pokok persoalan. Dalam eksposisi keputusan diserahkan kepada pembaca.  

2. Gaya Bahasa Eksposisi

Ciri yang paling menonjol pada eksposisi salah satunya terletak pada gaya bahasa yang digunakan. Gaya bahasa yang digunakan adalah informatif, gaya ini hanya berusaha untuk menguraikan sejelas-jelasnya obyeknya, sehingga pembaca dapat menangkap apa yang dimaksudkannya.  

3. Fakta yang Dikemukakan

Ciri dari eksposisi adalah fakta yang dikemukakan. Pada eksposisi fakta-fakta dipakai sebagai alat konkritisasi, yaitu membuat rumusan dan kaidah yang dikemukakan itu lebih konkrit.

4. Kesimpulan

Kesimpulan dalam tulisan eksposisi yaitu kesimpulan yang dibuat untuk menjelaskan rangkuman yang telah diuraikan atau dikemukakan

Daftar Pustaka:
[1] Keraf, Gorys. 1981. Eksposisi dan Deskripsi. Jakarta: Gramedia.



Share on: Facebook Twitter Google+

0 Response to "Pendidikan Bahasa Indonesia: Ciri-ciri Tulisan Eksposisi"

Post a Comment

Back To Top