Model Pembelajaran: Langkah-langkah Model Jigsaw

(THSumantri.Blogspot.Com) Dalam model pembelajaran ini guru membagi bahan pelajaran yang akan diberikan, sebelum pelajaran diberikan, guru memberikan pengenalan mengenai topik yang akan dibahas dalam bahan pelajaran untuk hari itu. Guru bisa menuliskan topik di papan tulis dan menulis apa yang siswa ketahui mengenai topik tersebut. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengaktifkan skemata siswa agar lebih siap menghadapi kegiatan pelajaran yang baru. Siswa dibagi dalam kelompok, kemudian siswa disuruh membaca/ mengerjakan bagian mereka masing-masing. Setelah selesai, siswa saling berbagi mengenai bagian yang dibaca/dikerjakan masing-masing. Dalam kegiatan ini siswa bisa saling melengkapi dan berinteraksi antara satu dengan yang lainnya. Kegiatan ini bisa diakhiri dengan diskusi mengenai topik dalam bahan pelajaran hari itu (Lie, 2004: 69).

Di dalam proses pembelajaran, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dilaksanakan dalam beberapa tahap yaitu tahap persiapan, tahap pembelajaran dan tahap evaluasi.

A. Tahap persiapan

1) Menetapkan kelompok siswa

Kelompok dalam pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ditetapkan oleh guru terlebih dahulu. Pengelompokan berdasarkan hasil nilai semester gasal. Kelompok dibagi menjadi tiga kriteria yaitu kemampuan tinggi, kemampuan sedang dan kemampuan rendah.

2) Materi

Materi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dirancang oleh peneliti, setelah dikonsultasikan dengan dosen pembimbing dan guru mata pelajaran.

B. Tahap pembelajaran

Sebelum kegiatan pembelajaran dilaksanakan, masing-masing siswa diberi bagaian materi. Proses pembelajaran diawali dengan guru menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa. Kegiatan inti dari pembelajaran dimulai berkelompoknya siswa kemudian berdiskusi membahas materi siswa yang sudah memahami materi menerangkan kepada siswa yang belum paham.

C. Tahap evaluasi

Setelah proses pembelajaran selesai, siswa diberi tes tertulis. Tes ini dikerjakan secara individual dan dilakukan setiap akhir periode pembelajaran atau akhir pembahasan dua topik.

Daftar Pustaka:
[1] Lie, Anita. 2004. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo



Share on: Facebook Twitter Google+

0 Response to "Model Pembelajaran: Langkah-langkah Model Jigsaw"

Post a Comment

Back To Top