Pembelajaran: Pengertian Pembelajaran

(THSumantri.Blogspot.Com) Pembelajaran merupakan bagian dari sistem pendidikan yang berkaitan erat dengan dunia pembelajaran. Pembelajaran adalah suatu komunikasi  bauk dua arah maupun banyak antara guru dan siswa dalam rangka perubahan sikap dan pola pikir sebagai tujuan kebiasaan yang bersifat ilmu pengetahuan bagi siswa. Pembagian peran dapat dikategorikan guru sebagai komunikator dan siswa sebagai komunikan, kemudian ilmu pengetahuan sebagai materi yang dikomunikasikan.

Hal di atas berdasarkan pendapat Subandi (2008: 1) bahwa, “ada dua konsep kependidikan yang sangat berkaitan dengan lainnya, yaitu belajar dan pembelajaran”. Kemudian, Menurut Trianto (2011: 17) bahwa, “Pembelajaran merupakan interaksi dua arah antara seorang guru dengan siswa, dimana keduanya terjadi komunikasi yang intens dan terarah menuju pada suatu tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya”. Kemudian, Erman Suherman dkk (2003: 8) bahwa, “Pembelajaran adalah proses komunikasi fungsional antara siswa dengan guru dan siswa dengan siswa, dalam rangka perubahan sikap dan pola pikir yang akan menjadi kebiasaan bagi siswa yang bersangkutan. Guru berperan sebagai komunikator, siswa sebagai komunikan dan materi yang dikomunikasikan berisi pesan berupa ilmu pengetahuan. Dalam komunikasi banyak arah dalam pembelajaran peran-peran tersebut dapat berubah atau (terbalik), yaitu antara guru dengan siswa dan antara siswa dengan siswa”.

Daftar Pustaka:
[1] Erman Suherman, dkk. 2003. Common Texs Book (Edisi Revisi) Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UPI JICA 
[2] Subandi. 2008. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Aplikasinya. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Wiralodra. Indramayu: Tidak diterbitkan
[3] Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif.  Jakarta: Kencana Prenada Media.




Share on: Facebook Twitter Google+

0 Response to "Pembelajaran: Pengertian Pembelajaran"

Post a Comment

Back To Top