Kemampuan Siswa: Indikator Representasi Matematis

(THSumantri.Blogspot.Com) Bentuk-bentuk Operasional Representasi Matematis (Mudzakir, 2006) sebagai berikut:

1. Visual
a. Diagram, grafik, atau tabel
- Menyajikan kembali data atau informasi dari suatu representasi ke representasi diagram, grafik, atau tabel.
- Menggunakan representasi visual untuk menyelesaikan masalah.
b. Gambar
- Membuat gambar pola-pola geometri.
- Membuat gambar bangun geometri untuk memperjelas masalah dan memfasilitasi penyelesaiannya.

2. Persamaan atau ekspresi matematis.
- Membuat persamaan atau model matematis dari representasi lain yang diberikan.
- Membuat konjektur dari suatu pola bilangan.
- Penyelesaian masalah dengan melibatkan ekspresi matematis.

3. Kata-kata atau teks tertulis
- Menuliskan langkah-langkah penyelesaian masalah matematis dengan kata-kata.
- Menyusun cerita yang sesuai dengan representasi yang disajikan.
- Menjawab soal dengan menggunakan kata-kata atau teks tertulis.

Daftar Pustaka
[1] Mudzakkir, H. S. 2006. Strategi Pembelajaran “Think-Talk-Write” untuk Meningkatkan Kemampuan Representati Matematik Beragam Siswa SMP. Tesis pada Program Pasca Sarjana UPI Bandung: Tidak diterbitkan.



Bagikan ke:

Facebook Twitter Google+ WhatsApp

0 Response to "Kemampuan Siswa: Indikator Representasi Matematis"

Post a Comment

Back To Top