Pendidikan Bahasa Indonesia: Metode Perbandingan

(THSumantri.Blogspot.Com) Menurut Keraf (1981) Metode perbandingan adalah suatu cara untuk menunjukkan kesamaan-kesamaan dan perbedaan-perbedaan antara dua obyek atau lebih dengan mempergunakan dasar-dasar tertentu. Sebagai suatu metode dalam eksposisi, dasar-dasar mengadakan perbandingan adalah menempatkan sesuatu yang belum diketahui atau yang belum dikenal dalam kerangka suatu hal atau barang yang sudah dikenal oleh pembaca atau pendengar.  Hal ini berarti adalah tujuan perbandingan adalah membicarakan sesuatu yang dianggap sudah diketahui para pembaca. Tujuan metode perbandingan adalah sebagai berikut :

a. Menyampaikan informasi tentang suatu hal.

b. Menyampaikan dua pokok persoalan (atau lebih) sekaligus dengan menghubungkannya dengan prinsip-prinsip umum bersama.

c. Membandingkan dua pokok yang dikenal untuk menyampaikan suatu prinsip umum atau suatu gagasan umum

Daftar Pustaka:
[1] Keraf, Gorys. 1981. Eksposisi dan Deskripsi. Jakarta: Gramedia.



Share on: Facebook Twitter Google+

0 Response to "Pendidikan Bahasa Indonesia: Metode Perbandingan"

Post a Comment

Back To Top