Pendekatan Pembelajaran: Sisipan Reinforcement dalam Pembelajaran

(THSumantri.Blogspot.Com) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, seorang guru harus mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Banyak cara untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, salah satunya dengan menggunakan sisipan reinforcement dalam pembelajaran.

Menurut Darmansyah (2010 : 11), “Sisipan dalam pembelajaran adalah cara komunikasi dan interaksi guru dengan siswa dalam proses pembelajaran agar menciptakan suasana belajar yang menyenangkan”.

Menurut Slameto (1998 : 98), “Reinforcement adalah suatu respon positif dari guru kepada siswa yang telah melakukan suatu perbuatan yang baik atau berprestasi”.

Sisipan reinforcement dalam pembelajaran menurut Moh. Uzer Usman (1994 : 80) adalah “Segala bentuk respon, apakah bersifat verbal ataupun nonverbal yang merupakan bagian dari modifikasi tingkah laku guru terhadap tingkah laku siswa, yang bertujuan untuk memberikan informasi atau umpan balik (feed back) bagi sipenerima (siswa) atas perbuatannya  sebagai suatu tindakan dorongan atau koreksi”.

Dalam proses pembelajaran, pemberian reinforcement sangat diperlukan karena dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga siswa terus berusaha berbuat lebih baik. Sisipan reinforcement dalam pembelajaran bertujuan agar siswa dapat lebih berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran di kelas.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa sisipan reinforcement dalam pembelajaran adalah suatu cara yang dilakukan guru dengan cara memberikan respon positif kepada siswa untuk meningkatkan motivasi belajar siswa agar memperoleh hasil belajar yang maksimal.

Daftar Pustaka:
[1] Darmansyah. 2010. Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor. Jakarta: Bumi Aksara.
[2] Slameto. 2003.  Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
[3] Moh. Uzer Usman. 1994. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.



Share on: Facebook Twitter Google+

0 Response to "Pendekatan Pembelajaran: Sisipan Reinforcement dalam Pembelajaran"

Post a Comment

Back To Top