Model Pembelajaran: Langkah-langkah Pembelajaran Terbalik (Reciprocal Learning)

(THSumantri.Blogspot.Com) Langkah-langkah pembelajaran terbalik menurut Polincsar dan Brown (1984) yang dikutip Novi Kusum Dewi (2009: 14) adalah sebagai berikut :

1) Pada tahap awal pembelajaran, guru bertanggung jawab untuk memimpin tanya jawab dan melaksanakan strategi pembelajaran barbalik, yaitu merangkum, membuat pertanyaan, menjelaskan kembali dan memprediksi setelah selesai membaca buku paket matematika;
2) Guru memberikan arahan mengenai cara merangkum, membuat pertanyaan, menjelaskan kembali dan memprediksi setelah selesai membaca buku paket matematika;
3) Setelah guru membimbing siswa, siswa melakukan latihan menggunakan strategi pembelajaran berbalik. Guru membantu siswa dalam menyelesaikan apa yang diminta dari tugas yang diberikan berdasarkan kepandaian siswa;
4) Selanjutnya siswa belajar untuk memimpin tanya jawab dengan adanya guru atau tanpa adanya guru; dan
5) Guru bertindak sebagai fasilitator dengan memberikan penilaian berkenaan dengan penampilan siswa dan mendorong siswa untuk berpartisipasi dalam tanya jawab ketingkat yang lebih tinggi.

Daftar Pustaka
[1] Novi Kusuma Dewi. 2009. Pengaruh Model Reciprocal Teaching Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Negeri Karangampel Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika UNWIR. Indramayu: Tidak Diterbitkan




Share on: Facebook Twitter Google+

0 Response to "Model Pembelajaran: Langkah-langkah Pembelajaran Terbalik (Reciprocal Learning)"

Post a Comment

Back To Top