Pendidikan Matematika: Pengertian Matematika

(THSumantri.Blogspot.Com) Matematika adalah hasil pemikiran manusia yang berhubungan dengan ide-ide, proses dan penalaran mengenai bentuk, sususan, besaran dan konsep-konsep yang terbagi ke dalam tiga bidang yaitu aljabar, analisis, dan geometri. Penerapan cara kerja matematika diharapkan dapat membentuk berpikir kritis, kreatif, komunikatif dan logis.

Hal di atas berdasarkan pendapat Elea Tinggih yang dikutip Erman Suherman dkk (2003: 16) mengatakan  bahwa, “Matematika adalah ilmu pengetahuan yang diperoleh dengan bernalar”. Kemudian, Menurut James (Suherman, dkk, 2001: 18) dalam kamus matematikanya mengatakan, “ Matematika adalah ilmu tentang logika mengenai bentuk, susunan, besaran, dan konsep-konsep yang berhubungan satu dengan yang lainnya”. Kemudian, E.T.Ruseffendi (2006: 260) mengatakan, “Matematika terbentuk sebagai hasil pemikiran manusia berhubungan dengan ide, proses, dan penalaran”. Kemudian, Menurut Ruseffendi (2006: 93) bahwa, “Matematika tersajikan dalam bahasa intenasional. Maksudnya ialah matematika itu menggunakan simbol, notasi atau lambang yang seragam yang dapat dipahami matematikawan diseluruh dunia”.

Daftar Pustaka:
[1] E.T Ruseffendi. 2006. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito Bandung
[2] Erman Suherman, dkk. 2003. Common Texs Book (Edisi Revisi) Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UPI JICA
[3] Ruseffendi, E.T. 2006. Pengantar Kepada Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
[4] Suherman, E.et al. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-Universitas Pendidikan Indonesia.



Share on: Facebook Twitter Google+

2 Responses to "Pendidikan Matematika: Pengertian Matematika"

  1. salam. mas saya sedang membuat skripsi. saya boleh meminta sumber yang erman suherman? atau dimana saya bisa mendapatkannya? terimakasih. mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam juga. Saat membuat skripsi. Beberapa buku yang saya cari, saya temukan di beberapa daerah di Bandung. Karena untuk buku referensi karya ilmiah, saya lebih condong ke daerah sana karena lebih lengkap jika dibandingkan kota lain khususnya di jawa barat. Saya asli orang Indramayu.

      Delete

Back To Top