Pembelajaran: 8 Keterampilan Dasar Mengajar Guru

(THSumantri.Blogspot.Com) Keterampilan dasar mengajar adalah keterampilan yang bersifat generik/mendasar/umum dan kompleks yang harus dikuasai oleh setiap guru, terlepas dari tingkat kelas dan bidang studi yang diajarkannya. Keterampilan dasar tersebut wajib dikuasai oleh guru.

Keterampilan dasar tersebut meliputi :

1. Keterampilan membuka dan menutup pelajaran.

Membuka pembelajaran diartikan dengan perbuatan guru untuk menciptakan suasana mental dan membangkitkan perhatian siswa agar terpusat kepada apa yang akan dipelajari.

Menutup pelajaran diartikan kegiatan guru untuk mengakhiri kegiatan inti pembelajaran yang maksudnya: memberikan gambaran menyeluruh tentang apa yang telah dipelajari oleh pebelajar /peserta didik/ siswa/ murid. Merefleksikan tingkat keberhasilan siswa dan keberhasilan guru dalam menyelenggarakan pembelajaran.

2. Keterampilan bertanya.

Bertanya merupakan stimulus efektif yang mendorong kemampuan berpikir.

3. Keterampilan memberi penguatan.

Merupakan tingkah laku guru dalam merespon secara positif suatu tingkah laku tertentu siswa yang memungkinkan tingkah laku tersebut timbul kembali.

4. Keterampilan mengadakan variasi.

Menggunakan variasi dalam konteks proses pembelajaran bertujuan mengatasi kebosanan siswa sehingga siswa senantiasa menunjukkan ketekunan, keantusiasan, serta berperan secara aktif.

5. Keterampilan menjelaskan.

Menjelaskan berarti menyajikan informasi lisan yang diorganisasikan secara sistematis dengan tujuan menunjukkan hubungan. Penekanannya: proses penalaran siswa, bukan indoktrinasi.

6. Keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil.

Pembelajaran kompok kecil dan perorangan diartikan sebagai perbuatan Guru dalam konteks PBM yang hanya melayani 3-8 siswa untuk kelompok kecil dan seorang untuk perorangan.

7. Keterampilan mengelola kelas.

Merupakan Ketrampilan Guru untuk mencipta-kan  dan memelihara kondisi belajar yang optimal dan mengembalikannya ke  kondisi yang optimal jika terjadi gangguan, baik dengan cara mendisiplinkan ataupun dengan melakukan kegiatan remidial.

8. Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan.

Diskusi kelopok kecil adalah suatu pro-ses yang teratur dengan melibatkan sekelompok siswa dalam tatap muka interaksi kooperatif yang optimal dengan tujuan berbagai informasi atau pengalaman, mengambil keputusan atau memecahkan suatu masalah.



Share on: Facebook Twitter Google+

0 Response to "Pembelajaran: 8 Keterampilan Dasar Mengajar Guru"

Post a Comment

Back To Top